Home |  Berita dan Artikel |  Promo |  Paket Kredit |  Brosur Toyota |  Hubungi Kami
Beli Mobil
 
Ready Stock
Grand New AVANZA E M/T Silver
 
Grand New AVANZA G M/T Hitam
 
Grand New AVANZA G A/T Hitam
 
Grand New Veloz 1.3 A/T Hitam
 
Grand New Veloz 1.3 A/T Putih
 
CALYA E M/T ABS Hitam
 
CALYA G M/T Hitam
 
CALYA G M/T Silver
 
CALYA G A/T Putih
 
CALYA G A/T Hitam
 
Innova Venturer Bensin A/T Hitam
 
SIENTA G M/T Putih
 
SIENTA V CVT Putih
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Hubungi Kami
JOKO IRIANTO
Senior Sales Executive

0815 7931 333 (WA)
+62812 1551 5133
2AE00400
irianto.joko@yahoo.co.id
 

Fans on Facebook
 
back
Cara Menyegarkan Kembali Mobil Sehabis Liburan

8 Januari 2015
Jakarta -Mobil yang digunakan untuk liburan panjang dengan menempuh jarak jauh, perlu pengecekan dan penyegaran kembali agar tetap nyaman dan aman dikendarai. Caranya cukup mudah. Apa saja yang perlu dicek dan disegarkan?

Menurut Nanang Somantri, service advisor Sakti Motor, Cipondoh, Tangerang, bagian-bagian yang wajib diperiksa adalah bagian mesin dan kaki-kaki. Sementara yang perlu penyegaran kembali adalah bagian eksterior dan interior.

"Mengecek bagian mesin dan kaki harus dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan. Jika terdapat kerusakkan atau aus sebaiknya segera diganti," tuturnya saat dihubungi detikOto.

Apa saja yang perlu diperiksa dan disegarkan? Berikut tips dari Nanang :

1. Oli mesin, minyak power steering, hingga air radiator

Bagian pertama yang perlu diperiksa adalah oli mesin. Lakukan pengecekan apakah volumenya berkurang dari standar minimal. Jika oli baru diganti saat akan berangkat berlibur, tak perlu diganti cukup menambahinya jika kurang dari ukuran standar.

Namun jika tak diganti, dan kondisinya sudah sangat encer sebaiknya diganti. Begitu pun dengan minyak rem, minyak power steering. Periksalah satu per satu apakah ada kebocoran.
Tak ketinggalan cek posisi air radiator, apakah masih cukup atau berkurang banyak. Segera tambahi air radiator dan reservoir untuk mencegah mesin overheat.

2. Jangan lupa periksa filter udara

Perjalanan jauh akan menyebabkan filter udara berpotensi kotor. Padahal, peranti itu sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran di ruang bakal mesin. Kesempurnaan pembakaran juga tergantung asupan udara.

Oleh karena itu bersihkan peranti itu. Jika sudah aus sebaiknya menggantinya, karena kesempurnaan pembakaran selain berpengaruh terhadap performa mesin juga terhadap konsumsi bahan bakar.

3. Kaki-kaki dan sistem pengereman

Selama perjalanan jauh tentunya Anda kerap melakukan pengereman, melibas berbagai jenis lintasan , yang semua berpengaruh kepada kondisi kaki-kaki mobil dan sistem pengereman.

Oleh karena itu periksa kaki-kaki mobil, perhatikan dengan seksama apakah ada bebunyian yang berasal dari kaki-kaki mobil.
Begitu pun saat Anda melakukan pengereman. Jika ada suara-suara aneh, berarti ada sesuatu yang tak beres di bagian kaki atau sistem pengereman. Segera lakukan pembenahan jika menemukannya.

4. Eksterior dan interior

Setelah pemeriksaan dan pengecekan bagian mesin, kaki-kaki, serta pengereman beres, lakukan penyegaran bagian eksterior dan interior. Lakukan pencucian bagian eksterior mulai dari bodi hingga kolong dengan bersih. Bila perlu lakukan pemolesan.

Sementara untuk bagian interior, cuci karpet tambahan dan lap karpet dasar dengan lap bersih basah yang telah dicelup air bersih yang ditambahi cairan antiseptik.

Lakukan juga bagian jok, dashboard, dan trim pintu. Lap bagian-bagianbawah jok, lipatan jok, dengan lap basah itu. Setelah netralisir udara di kabin dengan kpi bubuk atau potongan jeruk nipis.

sumber : oto.detik.com
CALYA A Wonderful Surprise
Etios Valco
Akk New Innova teaser
TOYOTA Let's Go Beyond
All New Camry
Sienta 7
 
Supported by:



 

Copyright © Harga Toyota Jogja